Senin, 09 Oktober 2017

PELAMAHAN RUPIAH TERTAHAN OLEH KENAIKAN CADANGAN DEVISA

SAVEHari ini, nilai tukar rupiah diperdagangkan sedikit menurun 4 poin terhadap dolar AS ke posisi Rp13.523/US$, dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.519/US$.

Tingkat pengangguran di AS yang mengalami penurunan menjadi potensi bagi bank sentral AS untuk menaikan suku bunga acuannya di tahun ini, sehingga mendorong penguatan dolar AS.

Sementara penurunan tingkat pengangguran di AS yaitu sebesar 4,2%, angka tersebut tercatat lebih baik dibandingkan dengan ekspektasi kalangan analis.

Selain itu, nilai upah di AS pada September yang mengalami kenaikan hingga melebihi konsekuensi pasar juga ikut menjadi salah satu penopang bagi pergerakan dolar AS.

Ketegangan geopolitik di Semenanjung Korea juga ikut mendorong permintaan aset-aset safe haven seperti dolar AS cenderung mengalami peningkatan.

Tekanan rupiah terhadap dolar AS dapat tertahan dengan sentimen dari dalam negeri mengenai rilis data cadangan devisa yang mengalami kenaikan.

Sementara Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia di akhir September 2017 sebanyak 129,4 miliar dolar AS, angka tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan posisi akhir Agustus  yang berada di 128,8 miliar dolar AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar