Selasa, 23 Agustus 2016

DIBAYANGI KELEBIHAN PASOKAN, HARGA MINYAK DUNIA JATUH

SAVEPada perdagangan hari ini, Selasa (23/8/2016), harga minyak mentah dunia menurun setelah adanya peringatan bahwa reli di Agustus sangat berlebihan. Salain itu ditambah juga usulan mengenai pembekuan produksi minyak yang tidak terlalu banyak memberikan pengaruh untuk dapat melawan ancaman kelebihannya pasokan.

Berdasarkan Reuters, minyak mentah berjangka Brent hari ini diperdagangkan di posisi US$48,98/barel, angka ini mengalami penurunan sebesar 18 sen, dan untuk harga minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) berada di posisi US$47,18/barel, atau menurun 23 sen.  

Minyak mentah yang diangkat lebih dari 20% antara awal bulan dan akhir pekan, dikarenakan harga keran yang mengalami kejatuhan dari hasil reli yang berlebihan bulan ini. Sejak itu harga minyak kembali berada dalam tren penurunan lebih dari 3,5%.


Sementara beberapa Q2 kembali mengganggu pasokan, jika dilihat secara kolektif OPEC juga bertambah dan penentuan dramatis minyak AS kemungkinan akan dilakukan pada awal tahun depan.

Anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen lain seperti Rusia yang berusaha untuk melakukan pembekukan produksi, justru akan meninggalkan produksi pada rekor tertinggi lantaran kurang banyaknya permintaan membuat sulit menghadirkan keseimbangan. Barharap pada musim panas mendatang harga minyak mentah akan berada di sekitar US$50 dan US$45/barel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar