Rabu, 18 Mei 2016

HARGA MINYAK TERUS MENINGKAT DEKATI US$50/BAREL

SAVEBeberapa hari ini harga minyak dunia tengah mengalami tren kenaikan, hal ini sebabkan karena adanya isu gangguan pasokan. Hari ini, kenaikan harga minyak dunia nyaris tembus ke tingkat tertingginya di sepanjang tahun ini.

Di pasar Asia , Rabu (18/5/2016), harga minyak jenis Brent diperdagangkan US$49,31/barel, angka tersebut naik 3 sen. Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate (WTI)diperdagangkan di US$48,31/barel. Pergerakan harga minyak mendekati posisi US$50/barel.

Gangguan pasokan minyak yang terjadi, manjadikan data dari Energy International Agency (IEA) sebagai kunci untuk menggerakan harga. Jika stok minyak terus mengalami penurunan, maka kenaikan harga akan terus terjadi.

Hari ini, EIA akan merilis data mengenai stok minyak AS.

Terjadinya gangguan pasokan minyak dunia disebabkan karena beberapa hal. Yang pertama adalah kebakaran hutan di wilayah penghasilan minyak Kanada.

Sementara, Nigeria mengurangi produksinya, lantaran adanya serangan dari kelompok militan ke sejumlah fasilitas produksi minyak.

Selain itu, Venezuela juga diperkirakan akan melakukan pemangkasan produksi, agak kenaikan harga minyak bisa terjadi. Nagara ini mengalami penderitaan karena penurunan harga minyak yang drastis. Dan ekonomi Venezuela mengalami krisis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar