Senin, 28 Maret 2016

BI RATE SUDAH 3 KALI DI TURUNKAN, RAPAT BI RATE AKAN LEBIH BERHATI-HATI

SAVE - Sejak Januari 2016 hingga Maret 2016, Bank Indonesia (BI) telah melakukan penurunan terhadap suku bunganya selama tiga kali terturut-turut. Secara keseluruhan, BI rate sudah mengalami penurunan hingga 0,75% atau 75 basis poin (bps) menjadi 6,75%.

Meski telah mengalami tiga kali penurunan, sepanjang tahun 2016 ini namun BI diperkirakan masih memiliki ruang untuk kembali melakukan pelonggaran kebijakan moneter dengan menurunkan suku bunga acuannya.

Tirta Segara, Direktur Eksekutif Depertemen Komuikasi BI menjelaskan, pada Rapat Dewan Gubernur selanjutnya BI akan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan untuk menurunkan suku bunga BI rate.

Hal ini dikarenakan seluruh aspek ekonomi baik secara global maupun domestik masih akan dinilai oleh BI. Dan salah satu unsur yang menentukan yaitu stabilitas nilai tukar rupiah. Sebab sebagian besar BI di kebijakan moneter yaitu menjaga inflasi yang rendah dan stabilitas nilai tukar. 

Selai n itu, diperlukannya proses diskusi yang panjang dan bertahap agar dapat mencapai keputusan, apakah akan ada penurunan lanjutan atau tidak. Untuk itu semua aspek yang terkait akan dievaluasi.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar