Kamis, 31 Maret 2016

ADA EMPAT MESIN EKONOMI YANG DAPAT MENGGERAKAN PERTUMBUHAN EKONOMI RI

SAVE - Melalui APBN 2016, pemerintah melakukan penargetan pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 5,3%. Angka tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan capaian pertumbuhan ekonomi pada tahun 2015 yang hanya mencapai 4,79%.

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Soebroto menilai, terget pertumbuhan tersebut kemungkinan akan tercapai. Syaratnya, Indonesia harus melakukan transformasi terhadap sumber pemasukan yang biasanya hanya mengandalkan sektor ekspor komoditas.

Selain itu, untuk mencapai terget pertumbuhan ekonomi tersebut, ada empat mesin ekonomi yang harus digerakan oleh pemerintah. Keempat mesin tersebut, yaitu infrastruktur, SDM, SDA, dan ilmu pengetahuan.

Ke-empat mesin ekonomi ini dapat menggantikan posisi sektor komoditas yang selama ini dijadikan andalan ekspor Indonesia.

Jika keempat mesin tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemerintah, maka pertumbuhan ekonomi dapat mencapai di atas angka 6% di tahun 2019.

Sementara Ketua Komite Ekonomi Soetrisno Bachir juga mengatakan, bahwa Indonesia perlu adanya sektor baru yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi. Jika seluruh sektor dapat dimanfaatkan, kemungkinan besar Indonesia dapat meningkatkan sektor perdagangan bebas hingga pada tingkat Uni Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar